Tips Menghadapi Pertanyaan Kapan Kamu Nikah

Tips Menghadapi Pertanyaan Kapan Kamu Nikah

“Kapan lulus?”

“Kapan punya pacar?”

“Kapan skripsinya selesai?”

“Kapan kamu nikah?”

Semakin ke sini, masyarakat Indonesia semakin kepo, ya? Pertanyaan yang diawali dengan kata ‘kapan’ ini sering kali bikin kita terganggu. Parahnya, ini malah jadi budaya dan yang tanya sama sekali gak sadar kalau itu deretan pertanyaan menyebalkan!

Terutama pertanyaan terakhir, harus sabar deh kalau udah ada momen lebaran Idul Fitri atau momen berkumpul lainnya bersama keluarga. Mulai dari Tante dan Om yang paling dekat sampai yang paling jauh sibuk kepo kapan kita menikah. Tenang aja, setelah baca ini, kamu akan tahu cara menjawab pertanyaan menyebalkan tersebut dengan keren! Yuk ikuti tips menghadapi pertanyaan Kapan Kamu Nikah di bawah ini.

Jawab dengan senyuman

Jangan sampai cemberut atau kelihatan sebel, karena reaksi yang seperti ini nih yang bikin Tante dan Om kita semakin merasa senang dan semakin suka godain kita. Jawab aja dengan senyuman dan kata-kata bijak kayak: “Doain aja ya, Om.” Atau “Alhamdulillah, Tante. Masih disimpen nih jodohnya sama Tuhan.”

Tapi nggak perlu kasih quotes panjang atau ayat di kitab suci biar kelihatan makin dewasa dan bijak kok. Atau nyinyir di personal message di BBM yang bisa dilihat saudara kita. No! Jangan sampai ya, Girls! Istriable harus menunjukkan sikap yang baik dong, biar jadi istri idaman.  Cukup jawaban sederhana dengan senyuman yang paling manis, Tante dan Om pasti merasa lega karena keponakannya semakin dewasa pastinya.

Jawab dengan bercanda

Kalau bukan cewek yang biasa bersikap manis dan lembut mungkin susah juga ya. Nah bisa nih jawab dengan asal ngelucu aja kayak: “Sebenernya udah banyak sih pilihan, tinggal milih aja, Om.” Atau “Tante sama Om udah siap dipanggil kakek dan nenek belum kalau aku udah punya anak nanti?”

Jawaban kayak gini nih yang lebih menenangkan pikiran kita dan bikin suasana kumpul keluarga lebih mengalir seru.

Udah, anggap aja angin lalu

Tante dan Om pasti nggak punya niat bikin kita sebel atau bahkan sakit hati, tenang aja, mereka hanya ingin godain keponakannya yang makin gede kok. Pelan-pelan aja memikirkan pertanyaan itu sambil memperbaiki diri dan jangan lupa doain jodohnya dong biar lebih didekatkan.

Biar nanti di acara kumpul keluarga, nggak perlu menunggu ditanya, “Kapan kamu nikah?” Tapi kita yang langsung menghubungi Om dan Tante, “Om, Tante aku udah siapin tanggal pernikahan, bisa bantu gak?” Aamiin aamiin.

Step yang paling penting, dandan serapi dan secantik mungkin!

no makeup makeup look rachel goddard
Make-up simpel tapi bikin kita terlihat cantik dan seger. Photo from Rachel Goddard Youtube.

Kalau yang udah ngerti make up coba deh gunakan ‘No Make Up Make Up Look’, kelihatan cantik natural tapi juga pakai make-up. Kamu bisa nih pakai tutorial di bawah ini dari para beauty vlogger.

Atau kamu memang terbiasa dengan make-up yang lebih bold, kamu bisa pakai tutorial di bawah ini nih, tetep cantik dan anggun tanpa terlihat berlebihan.

Fungsinya apa sih? Biar Om dan Tante berpikir kita nggak segera menikah karena bukan nggak laku, tapi karena pemilih, soalnya pada hari itu kita kelihatan cantik. Buat yang paling anti dengan make-up, pastikan wajah bebas dari minyak, jangan lupa cuci muka dan beri bedak sedikit dan lip balm agar terlihat lebih segar ya. Bahkan karena kita yang makin cantik, Tante dan Om sampai lupa mau tanya “Kapan kamu nikah?”

Kalau empat tips ini sudah dilakukan, dijamin deh akan melewati pertanyaan “Kapan kamu nikah?” dengan keren dan tentunya nggak bikin di momen bertemu keluarga jadi badmood dan kesel dengan Tante dan Om yang kepo banget. Akan selalu merasa aman di momen kumpul keluarga, sekarang gak perlu lagi menghindar.

Kalau sudah melakukannya tips menghadapi pertanyaan Kapan Kamu Nikah, yuk share di kolom komentar di bawah ini gimana hasilnya dan beri tips tambahan kalau Tante dan Om kamu emang bener-bener ngeselin banget atau pengalaman-pengalaman lainnya ya!

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *