Empat Tanda Pacar Serius ke Tahap Pernikahan

Empat Tanda Pacar Serius ke Tahap Pernikahan

Sering nggak sih para cewek bertanya-tanya tentang apa aja sih tanda pacar serius sama kita? Mau dibilang nggak serius, tapi udah lama pacaran, tapi tiap diajak ngobrol soal masa depan nggak tertarik. Ya begitu lah cewek, kepastian lebih utama dibadingkan perhatian, ya nggak?

Tapi nggak bisa juga langsung tanya, “Kamu serius nggak sih sama aku?” Khawatirnya dia malah menganggap kita nggak menghargai proses yang udah dijalani bareng. Kalau pun dia mau jawab, susah deh bedain antara jawaban yang jujur sama enggak, yang bener serius atau hanya janji manis. Bukan cowok kalau cuma jago ngomong, harus berani bertindak dong.

Di bawah ini ada empat tanda di mana pasangan kita udah serius ke tahap pernikahan. Pastikan tanda-tanda ini udah dilakukan si dia ya, jangan sampai terjebak dalam permainannya aja.

Saling mengunjungi keluarga masing-masing dan udah berani ngobrol.

cara membuat pacar melamar
Si dia udah berani ngobrol sama Ayah? Photo from diphere.com

Tanda pacar positif serius sama kita adalah ketika dia udah berani ketemu orang tua secara personal. Kalau kita yang cewek ketemu keluarga cowok disambut dengan baik, itu udah biasa. Seringnya nih, cowok yang ketemu keluarga cewek lebih susah, karena cowok punya lebih besar tanggung jawabnya. Ya mana ada sih anak perempuan yang dibiarin orang tuanya dapat pendamping hidup yang nggak tanggung jawab?

Emang selalu jadi tantangan sendiri buat para cowok bisa ngobrol dengan calon mertuanya, meskipun sekadar ngobrol santai (belum bicara soal ngelamar lho, ya). Tapi ketika dia udah berani, itu artinya dia udah siap dengan tanggung jawabnya, nggak perlu diragukan lagi deh, pasti pikirannya udah ke arah pernikahan. Tinggal kita yang terus menjaga hubungan tersebut dan niat baik pasangan.

Mulai membicarakan masa depan dengan lebih mendalam

tanda kalau pacar siap menikah
Relationship goals ya menikah, sering-seringin ngobrol topik yang serius lebih bagus. Photo via jeongyi.com.

Kalau sekadar ngobrolin masa depan, itu udah biasa sih, kita harus lihat sedalam apa percakapan tersebut. “Pinginnya nanti punya anak dua deh. Pinginnya nanti pernikahannya di taman gituuuu.” Kalau hanya ‘pinginnya’ belum cukup serius.

Percakapan yang udah menandakan pacar serius salah satunya udah saling komunikasi usia berapa mau menikah atau udah komunikasi target-target tertentu sebelum menikah. Nggak cukup sampai situ aja, tapi bener-bener sepakat untuk berusaha mewujudkan target tersebut, jadi sama-sama paham keinginan satu sama lain.

Misalnya nih dia mau menikah kalau punya penghasilan atau pekerjaan tetap, sebagai cewek yang serius juga jangan hanya kasih semangat dong. Harus banget ikut serta dalam proses pencariannya, inget dong quote kalau setiap laki-laki sukses selalu ada wanita hebat di baliknya?

Mulai diskusi soal keuangan

pacar mulai serius
Keterbukaan pemikiran satu sama lain emang jadi kuncinya. Photo via girlinthecabinet.blogspot.com

Biasanya obrolan keuangan ini akan ada ketika udah sama-sama terbuka soal pernikahan, udah saling tau kemauan masing-masing. Apalagi kalau dia udah ngajak buka rekening bersama untuk menabung atau bahkan melihat-lihat rumah yang bisa untuk hidup bersama.

Kalau tahap itu masih jauh, bisa juga terbuka dengan keadaan keuangan masing-masing. Jangan terlena dengan pasangan yang udah punya uang banyak karena keluarganya, pastikan pasangan kita adalah orang yang mandiri dan nggak bergantung dengan orang lain. Ketika udah saling terbuka soal keuangan, tandanya dia udah cukup berani memulai tanggung jawab berdua tanpa bergantung dengan orang tua.

Mulai mengurangi drama

pacar sering berantem
Daripada saling ngambek waktu ada masalah, kan mending dicari solusinya. Photo via chongyee.wordpress.com

Ini salah satu tahap sederhana yang mulai bisa ditunjukkan dari keseriusan pasangan. Sering dong ada berantem-berantem kecil? Kalau dia belum cukup dewasa dan hanya menganggap pacaran untuk teman bersenang-senang saja, setiap berantem pasti nggak ada yang mau ngalah atau solusinya ditentukan sepihak.

Kalau udah nggak main-main pasti dia udah bisa tau cara berkomunikasi yang baik, seperti ngobrol berdua ketika ada masalah, diskusi bareng tentang solusi apa yang harus dicari, win win solution. Jadi jangan khawatir pertengkaran bikin bosen, kalau masih takut bosen, berarti belum serius. Perdebatan karena masalah juga salah satu cara berkomunikasi, lho! Karena kita jadi tau apa yang diinginkan satu sama lain, jadi lebih mengerti.

Empat tanda ini bisa jadi gambaran kamu seberapa serius sih dia, pastikan selama ini bukan hanya senang-senang dan main-main ya? Semoga empat tanda ini bisa jadi awal si dia berani melamar.

Gimana nih, pacar udah kasih tanda keseriusannya belum? Kalau memang udah, jangan lupa terus dijaga sampai terwujudnya pernikahan tersebut ya! Kalau belum, coba aja ajak obrolin topik yang lebih serius. Semangat memperjuangkan pasangan ke tahap pernikahan ya? Biar segera tercapai relationship goalsnya dan pastinya ditunggu undangan pernikahannya!

Foto: persimmonimages.com

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *