Resepsi Pernikahan, Penting Gak Sih?

Resepsi Pernikahan, Penting Gak Sih?

Sebuah pernikahan tidak pernah jauh dengan urusan sebuah resepsi, dua-duanya adalah serangkaian acara yang saling berkesinambungan. Tapi sebenarnya seberapa penting sih resepsi pernikahan itu? Dan apa sih sebenarnya resepsi pernikahan itu?

Menurut wikipedia resepsi merupakan kegiatan suatu pesta yang dihadiri oleh para undangan atau tamu undangan. Resepsi juga dapat dikatakan sebagai suatu hal yang menggambarkan keadaan pesta yang dihadiri oleh tamu-tamu tertentu. Di dalam pernikahan, repsepsi diartikan sebagai wadah atau tempat untuk mengumumkan bahwa di tempat tersebut telah terjadi pernikahan suami-istri. Resepsi di dalam pernikahan dijadikan seseorang untuk mengucapkan selamat kepada pasangan baru dan orang tuanya.

Jadi resepsi pernikahan itu sebenarnya acara untuk mengumumkan “ini loh kita sudah resmi menikah” dan juga sebagai ajang silaturahmi serta untuk berbagi kebahagiaan. Nikah itu kan tentunya bahagia, nah untuk membagi kebahagiaan itu diadakan acara yang mengundang sanak saudara, tetangga dan para kolega untuk berbagi kebahagiaan pengantin. Biasanya di dalam sebuah acara resepsi ada suguhan berbagai macam makanan, hiburan dan pengantin yang dirias cantik dan tampan dengan baju sesuai tema pernikahan.

Di resepsi pernikahan yang konsep makannya prasmanan itu bagai surga untuk anak kost. :D
Di resepsi pernikahan yang konsep makannya prasmanan itu bagai surga untuk anak kost. 😀 Pict: sino-hotels.com

Ada suatu kebiasaan di masyarakat yaitu serangkaian akad nikah atau pemberkatan yang dijadikan satu hari. Tentunya hal ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika dilakukan dalam satu hari kekurangannya adalah pengantin akan kelelahan karena sehari penuh melangsungkan acara tanpa henti, sedangkan kelebihannya anggaran tidak akan membengkak, sebab jasa foto dan video hanya akan dibayar satu kali saja, begitu pula dengan jasa tata rias.

Mahalnya biaya resepsi tentunya sudah bukan menjadi rahasia publik. Banyak pasangan yang menunda pernikahan hanya karena mahalnya biaya sebuah resepsi.

seberapa penting resepsi pernikahan
Hasil survey “Seberapa Penting Resepsi?” yang dilakukan www.kapankamunikah.com, dari 150 responden sebagian besar menganggap kalau resepsi hanya formalitas.

Beberapa waktu yang lalu team kapankamunikah.com mengadakan survey tentang “seberapa penting resepsi?”. Dari 150 responden yang terdiri dari 41 laki-laki dan 109 perempuan, keduanya menganggap bahwa resepsi pernikahan penting untuk diadakan. Hal tersebut bisa di lihat pada infografis di atas.

Hanya 12.20% dari 41 laki-laki dan 2,75% dari 109 perempuan yang menganggap bahwa resepsi tidak penting. Sisanya menganggap bahwa resepsi pernikahan itu penting serta perlu dilakukan dan sebagian besar menjawab bisa dilakukan tapi hanya untuk formalitas saja.

Adanya kebiasaan di masyarakat yang menjadikan resepsi pernikahan adalah sebuah paket dari sebuah pernikahan itu sendiri. Adanya gengsi dan rasa tidak enak jika tidak mengadakan resepsi menyebabkan para orang tua kekeuh untuk tetap menyelenggarakannya. Kalau sudah begini, calon pengantin hanya bisa menurut saja apa kata orang tua.

Tapi sebenarnya yang paling penting dari sebuah pernikahan adalah momen sahnya, yaitu saat akad nikah atau pemberkatan. Soal resepsi pernikahan bisa saja kok kita menikah tanpa adanya resepsi. Buat kalian yang mau menikah tapi masih bingung dengan biaya resepsi yang super mahal itu, bisa disiasati dengan hanya mengundang keluarga dan teman terdekat untuk mengadakan acara kecil-kecilan. Tentunya biaya yang dikeluarkan juga tidak sebanyak jika kita mengadakan resepsi besar-besaran di sebuah gedung.

Bukan kah pada hakikatnya resepsi hanya untuk mengumumkan bahwa di tempat tersebut telah terjadi pernikahan? Tentu bukan suatu hal yang wajib dilakukan, yang penting sahnya itu lho. 

Foto utama: babymoontravelling.files.wordpress.com

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *