#RaraBenHalal: Pesta Pernikahan Sederhana Tapi Meriah Ala Pinterest

#RaraBenHalal: Pesta Pernikahan Sederhana Tapi Meriah Ala Pinterest

Cerita Berdua kali ini datang dari Rara Sekar, bagian dari indie band ‘Banda Neira’, dan Ben yang memiliki pesta pernikahan sederhana ala Pinterest! Kalau orang selalu berpikir pernikahan selalu digelar begitu mewah dan wah, kali ini Rara dan Ben mewujudkan pesta pernikahannya yang sederhana namun meriah. Sebelumnya, kenalan dulu yuk dengan cerita Rara dan Ben ketika pertama kali berjumpa hingga menjadi pasangan suami istri.

Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) lah yang menjadi awal pertemuan mereka. Tapi bedanya, angkatan Ben yang memberikan orientasi kepada angkatan Rara. Namun bukan di Ospek yang menjadi tahap mereka mengenal satu sama lain, melalui sepupu Rara yang merupakan teman baik Ben, mereka berkenalan melalui media sosial berkat minat yang sama: fotografi. Pertemuan berlanjut hingga Rara dan Ben ada di satu klub fotografi kampus dan di tahun 2009 menjadi tahun mereka mulai berpacaran.

cerita rara dan ben
Kartu pos yang dikirim Ben ke Rara. Photo from pinterest.com

Hubungan jarak jauh membuat Rara dan Ben harus terpisah selama kurang lebih dua tahun, pasalnya Ben melanjutkan pendidikan pasca-sarjana di New Zealand. Namun hal itu malah membuat Ben mengungkapkan niatnya untuk menikah dengan Rara melalui kartu pos dari New Zealend. Hmmm, perempuan mana yang nggak bahagia ketika akhirnya pasangannya memikirkan tahap yang lebih serius lagi?

Namun sepulang Ben ke Indonesia mereka berdua malah lupa dengan rencana pernikahannya karena Ben sibuk dengan settling in di Indonesia dan Rara pun sibuk dengan perpindahan kerjanya, keduanya memang tak buru-buru menikah. Hingga pada awal tahun 2015 menemukan titik terang, di mana kedua keluarga telah bertemu hingga akhirnya dengan persiapan 4-5 bulan, Rara dan Ben pun menikah.

Tujuh tahun lamanya hingga menikah dan sempat menjalin hubungan jarak jauh? Tentu bukan hal yang mudah! Udah penasaran dengan pernikahan mereka yang sederhana ala-ala Pinterest? Yuk, kita lihat suasananya, siapa tahu bisa jadi inspirasi pesta pernikahanmu nanti!

Rara sekar menikah
Homey dan ala Pinterest banget ya? Photo by Rara Sekar.

Nah, begini lah suasana resepsi Rara dan Ben di halaman belakang Ben yang berada di Bogor, sederhana tapi begitu cantik dan meriah, ya? Ya, Rara dan Ben menyelenggarakan dua resepsi di Bandung dan Bogor, pasalnya Rara adalah cucu dan cicit pertama yang menikah dari keluarga besar, akhirnya mereka memutuskan untuk mengadakan dua resepsi pernikahan yang terpisah; satu di Bandung untuk keluarga dan satu lagi di Bogor untuk teman-teman dekat saja.” Konsep homey, simple dan intimate yang seperti ini lah yang diinginkan Rara dan Ben.

Tak hanya unik karena pernikahan Rara dan Ben memiliki hashtagnya sendiri, yakni: #rarabenhalal, Rara mengaku untuk resepsi keduanya ia banyak terinspirasi dari Pinterest, lho! Seluruh tamu dapat melihat suasana ala Pinterest for real! 

rarabenhalal
Dekorasi meja yang simpel tapi cantik. Photo by Rara Sekar.

Di taman belakang yang rimbun, hanya perlu ditambahkan tanaman berwarna putih dan hijau serta meja-meja kayu sebagai pelengkap dekorasi. Instalasi lampu untuk menerangi malam sebagai pelengkap dekorasi, tak perlu menyewa genset, Rara dan Ben kreatif dengan mematikan seluruh listrik yang ada di rumah. Tentu hanya membutuhkan dana yang tidak terlalu banyak tanpa mengurangi esensi banyak tamu yang bisa melihat momen bahagia ini bukan?

Dress pernikahan sederhana
Sederhana tapi nggak kalah cantik dengan dress yang mewah dan super rumit lainnya kan? Photo by Gana Febrana.

Tak hanya dekorasi yang sederhana namun cantik, wedding dress Rara pun juga. Dengan referensi lace dress, bersama Devina Anamaria, Rara yang memang tidak menyukai hal-hal berlebihan dan terlalu rumit bisa mewujudkan gaun pernikahan yang simple namun tetap cantik.

rarasekar banda neira
Ala-ala dokumenter banget kan? Cari foto lainnya dengan hashtag #rarabenhalal deh. Photo by Yoppie Pieter.

Konsep intimate di resepsi pernikahan Rara dan Ben begitu terasa, karena undangan yang disebar terbatas, hanya sekitar 30 undangan saja! Tak hanya dari Indonesia, tapi juga New Zealend dan Amerika Serikat. Bahkan uniknya lagi nih, Rara dan Ben memanfaatkan teman-temannya yang fotografer dengan memberikan tiga rol film untuk mendokumentasikan resepsi mereka. Sehingga hasil foto-fotonya bukan dengan konsep beauty shot biasa, namun khas dengan konsep dokumenter. Catet, undang temen-temen kamu yang jago fotografi!

pernikahan rara dan ben di bogor
Asyik nih kayaknya punya rumah yang taman belakangnya besar, gak perlu nyewa gedung lagi! Photo by Rara Sekar.

Bahkan untuk urusan konsumsi yang paling dianggap mengeluarkan biaya paling besar, Rara dan Ben bisa menolak presepsi ini. Potluck menjadi konsep untuk urusan makananyang artinya setiap orang yang datang wajib membawa makanan. Beberapa teman Rara dan Ben yang ahli masak bahkan memiliki kafe sendiri membuat makanan dan minuman yang terasa begitu lezat. Suasana sederhana, lampu romantis, kehangatan antara tamu undangan dan pengantin begitu terasa dan makanan yang juga tak kalah lezat.

Pernikahan yang meriah dan cantik nggak harus mewah dan wah kan? Konsep Rara dan Ben ini cocok banget deh buat pasangan yang ingin menikah dengan low budget tapi tetap membuat para tamu nyaman bahkan tidak akan melupakan momen tersebut. Foto-foto cantik lainnya bisa dicari di Instagram dengan hashtag #rarabenhalal untuk inspirasi dekorasi pernikahanmu.

sumber: thebridedept.com / foto utama: by Gana Febrana.

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *