5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

5 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menikah

Menikah adalah terbukanya lembaran baru di kehidupan seseorang. Berubahnya kebiasaan dan lingkungan membuat sebagian orang perlu beradaptasi dengan lingkungan dan keluarga yang baru. Untuk itulah ada beberapa hal atau kegiatan yang mesti dicoba dan dilakukan oleh kalian sebelum memutuskan untuk hidup bersama.

Apa saja yang perlu kita lakukan sebelum memutuskan untuk menikah selain urusan dengan siapa kita menikah dan umur berapa kita akan menikah? Yuk ikuti lima hal di bawah ini!

  1. Traveling
Travelling ga harus mahal kok, kita bisa membuat agenda travelling hemat ala Backpacker
Traveling ga harus mahal kok, kita bisa membuat agenda travelling hemat ala Backpacker šŸ˜€ Pict: get-a-wingman.com

Maanfaatkan kesendirian dengan melakukan kegiatan positif serta menyenangkan. Kalau kalian suka traveling lakukan sesering mungkin sebelum kalian menikah. Datangi tempat yang ingin kalian datangi. Keluar dari zona nyaman mencoba pengalaman baru, dengan hidup di Negara orang itu bisa jadi momen yang tidak akan pernah kalian lupakan.

Jangan berdiam diri di rumah, sekali-kali kalian juga perlu keluar dari lingkungan yang sama. Traveling tidak harus membutuhkan uang banyak. Di zaman sekarang sudah banyak tempat wisata low budget, yang penting niat dan berjiwa petualang aja yang diperluin. Banyak info yang sudah tersedia tentang perjalanan murah di social media, jadi kalian gak perlu takut atau risau, semua sudah dipermudah dengan adanya banyak informasi.

Kita tidak punya banyak waktu hidup untuk menjelajah dunia. Suatu saat nanti kita akan menjadi tua dan tidak punya tenaga untuk kemana-mana. Selagi masih muda, kenapa tidak memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk memperluas sudut pandang?

Jika punya cukup tabungan bisa mencoba traveling ke luar negeri. Ala backpacker aja, jadi bisa mandiri dan pastinya lebih banyak pengalaman seru daripada harus bayar mahal-mahal untuk sebuah paket tour.Ā  Cari tiket promo dan cobalah naik transportasi sederhana di negara yang akan dikunjungi. Menjajal melangkahkan kaki ke tempat-tempat baru akan memberimu perspektif lain soal hidup. Untuk yang sudah punya pasangan, ide travelling bersamaĀ pasti lebih menyenangkan.

Tantang dirimu untuk menjajal petualangan-petualangan baru. Membawa diri ke tempat-tempat asing perlu dilakukan sebelum disibukkan dengan urusan rumah tangga, mending mulai dari sekarang banyakin piknik deh daripada ntar jadinya kurang piknik (meski bisa banget traveling bersama pasanganmu kelak :D), tapiĀ di usia inilah kamu belum disibukkan oleh berbagai tanggung jawab yang memberatkan.

  1. Belajar banyak bahasa yang membuat kita penasaran
Belajar Bahasa
Satu kata berbeda bahasa. Coba bayangkan betapa serunya jika kita menguasai banyak bahasa. Pict: blog.ruangguru.com

Bahasa adalah salah satu hal yang sangat penting, manusia tidak bisa lepas dari bahasa. Terbukti dari penggunaannya untuk percakapan sehari-hari, tentunya peran bahasa sangat besar untuk membuat manusia berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain.

Sebelum menikah, boleh bangetĀ untuk menguasai sebanyak mungkin bahasa. Pelajari bahasa yang menurut kalian menarik perhatian. Selain untuk menambah pengetahuan akan keragaman bahasa, juga bisa memperkenalkan bahasa yang kalian pelajari ke anak kalian nanti. Cieee.

Untuk kalian yang suka traveling, belajar bahasa menjadi sebuah kebutuhan. Karena dengan menguasai bahasa di setiap tempat yang akan kalian kunjungi menjadi nilai plus juga loh. Sapa tau bisa dapat jamuan makan gratis dari warga setempat gara-gara kalian bisa bahasa mereka. Atau bahkan ketemu jodoh di luar negeri hihihi.

  1. Banyak baca
membaca
Buku adalah jendela dunia. Banyak yang bisa didapatkan dari membaca sebuah buku. Pict: www.kandhani.net

Mulai banyakin baca. Nambah ilmu pengetahuan sebelum menuju jenjang pernikahan itu penting loh. Baca sebanyak-banyaknya, tidak harus tentang pelajaran atau mata kuliah, coba sekali-kali baca buku tentang pernikahan, tentang luar angkasa, tentang apapun yang belum pernah dibaca sebelumnya. Yang perlu ditekankan adalah tidak ada ruginya dengan kita sering membaca, dengan membaca justru semakin membuat kita mendapat banyak pengetahuan.

Buku adalah jendela dunia, dan membaca buku merupakan salah satu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Di zaman yang serba instan ini membaca tidak hanya dilakukan dengan menggunakan media buku saja, ada fasilitas internet yang bisa juga kita manfaatkan. Kegiatan membaca dengan media buku atau internet dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut. Jadi kebiasaan membaca tidak harus berhenti setelah kalian menikah, bahkan sangat penting untuk diteruskan.

Banyak info tentang traveling dan backpacker murah keliling dunia, tentang persiapan pernikahan dan bagaimana menjalani sebuah ikatan dalam berumah tangga dan masih banyak hal lain yang bisa kalian dapatkan dengan membaca.

  1. Menabung
Sedikit sedikit, lama lama bisa jadi bukit.
Sedikit sedikit, lama lama bisa jadi bukit. Pict: kemandirianfinansial.com

Menabung sangat penting untuk kelangsungan hidup di masa depan. Dengan memiliki tabungan, kita juga memiliki pegangan untuk hidup kedepannya. Mungkin di antara kalian ada yang niat menabung dan udah giat-giatnya, tapi ada aja yang membuat uang tabungan selalu habis. Entah itu karena kebutuhan, keinginan untuk memiliki sesuatu atau memang kebutuhan yang sangat mendesak sehingga mau tidak mau tabungan kita akan terkuras. Jika mudah tergoda, bisa dipastikan akan gagal menyisihkan uang.

Sebenarnya bukan hanya soal menabung yang diperhatikan sebelum menikah, tapi lebih ke kebiasaan.

Membiasakan diri mengatur keuangan pribadi secara baik dan tidak boros adalah modal untuk membangun rumah tangga. Kebiasaan menabung harus dilatih sedini mungkin, karena setelah menikah soal keuangan menjadi begitu rumit.

Untuk kalian yang merasa sedikit susah dalam mengatur keuangan dan menabung bisa memakai beberapa cara sebagai berikut:

  • Jika sudah mendapatkan gaji tabunglah beberapa persen (misal 30%) dari gaji kalian setelah gaji turun. Hindari menabung di tengah bulan setelah gajian atau menunda menabung. Tujuannya supaya uang gaji dapat masuk dalam tabungan sebelum digunakan untuk membeli keperluan-keperluan yang lain. Untuk kalian yang masih belum bekerja, cara ini juga bisa diterapkan setiap kalian mendapat uang saku.
  • Mengumpulkan pecahan nominal tertentu. Misalnya kalian mau mengumpulan uang lembaran 5.000, jadi setiap ada uang 5 ribu di dompet kalian segera masukkan ke tabungan. Lakukan hal tersebut satu kali dalam sehari. Lakukan secara konsisten setiap harinya. Dan lihat seiring waktu tabungan akan cepat bertambah. Menabung seperti ini termasuk cara menabung yang menyenangkan dan usaha menabung dengan cara ini akan terasa lebih ringan. Silahkan dicoba.
  • Menabung dengan tujuan tertentu. Buat daftar keinginan apa saja yang akan kalian beli atau tempat mana saja yang akan kalian kunjungi. Hal ini dipercaya dapat membuat kita lebih semangat dalam menabung.
  1. Capai target sebanyak mungkin
capai impian
Capai target dan impianmu sebanyak mungkin. Pict: vantros.co.id

Masa muda adalah masa yang paling pas untuk menggapai semua tujuan dan impian. Raih sebanyak-banyaknya impian kalian, dapatkan pengalaman-pengalaman seru yang berkemungkinan besarĀ tidak akan kalian dapatkan setelah kehidupan pernikahan. Di saat seperti ini pasti juga banyak kegagalan-kegagalan yang akan dirasakan. Tapi jangan pernah patah semangat karena kegagalan. Bangkit dan terus raih.

Kegagalan adalah hal lumrah bagi manusia. Ketika kita berani bermimpi maka kita juga harus siap gagal alias kecewa. Bagaimanapun, gagal adalah bagian dari proses meraih mimpi. Tapi jika kegagalan itu menghampiri, bukan berarti kamu boleh berhenti. Alih-alih menyerah pada mimpimu sendiri, kamu justru harus bangkit lagi. Karena sebaik-baik mimpi adalah yang kamu perjuangkan sampai hari ini.

Raih impian sebanyak mungkin, melihat dunia lebih dekat, menabung banyak uang, dan berwawasan luas adalah salah satu modal untuk membina rumah tangga. Tentunya masih banyak hal yang lebih spesifik yang harus kalian lakukan jika sudah berniat untuk menikah. Tapi diluar itu perbanyak lah ilmu dan pengalaman, manfaatkan waktu muda dengan baik.

Foto utama: Huffinton Post

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *