Menyiapkan Pernikahan Sederhana Sendiri? Kenapa Tidak

Menyiapkan Pernikahan Sederhana Sendiri? Kenapa Tidak

Sudah baca artikel pernikahan a la Pinterest Ben & Rara di sini? Seru ya, bisa terjun langsung merencanakan dan menyiapkan pernikahan sendiri. Mengonsepkan tema besar acara sampai detail keperluan sambil menyesuaikan budget yang paling pas dengan kondisi kita. Maklum, keadaan finansial main peran sangat penting dalam pernikahan, kan? Rasanya menghemat biaya yang besar pada resepsi akan lebih mudah dibandingkan memotong biaya pengeluaran sehari-hari saat menikah nanti.

Tenang, resepsi pernikahan sederhana yang direncanakan dan dikerjakan sendiri dapat tetap berjalan seru dan memorable, kok!


anggaran-pernikahan
Jangan lupa bicarakan mengenai anggaran acara pernikahan dan libatkan orang tua kedua pihak. (Photo Credit: www.wovgo.com)

1. Tetapkan anggaran dan alokasikan. Bicarakan berapa biaya yang ingin kalian gunakan untuk acara pernikahan. Libatkan keluarga apabila diperlukan, karena mungkin pembahasan anggaran ini menyangkut urusan pengeluaran dari pihak perempuan dan sebaliknya. Alokasikan dana ke masing-masing urusan.

 

tema-pernikahan
(Photo Credit: cara-pro.com)

2. Konsep dan Tema Pernikahan. Setelah tahu anggaran yang dimiliki, sekarang tinggal menyesuaikan konsep dan tema acaranya. Intimate Wedding Party tidak bisa dianggap remeh, lho. Dengan budget yang dianggap rata-rata lebih kecil dibandingkan tema elegan, bila direncanakan dengan matang, tema ini tetap bisa memberikan kesan dalam bagi undangan dan juga pasangan pengantin.

 

riset-pernikahan
Luangkan waktu untuk mengumpulkan informasi dan menambah referensi. (Photo Credit: www.saragrayphotography.com)

3. Riset, riset, survei! Ingin menggunakan bantuan vendor maupun ditangani secara mandiri, memperbanyak referensi sana sini tetap diperlukan. Venue seperti apa yang ingin kalian gunakan, seberapa besar biaya yang digunakan untuk pilihan venue satu dibandingkan lainnya. Apabila menggunakan jasa/vendor, pastikan menerima informasi dengan detail. Banyak bertanya. Jangan khawatir dianggap rewel, daripada terjadi kesalahpahaman di hari-H. Pastikan pelayanan yang akan dipilih adalah pelayanan yang paling sesuai dengan konsep pernikahan dan budget, tentunya.

 

tamu-undangan
Jumlah undangan merupakan variabel terpenting dalam menjaga neraca pengeluaran acara resepsi. (Picture Credit: Astri Gerry)

4. Jumlah Undangan. Menjaga daftar undangan pada angka minimal, berarti menjaga biaya pengeluaran dalam batas aman sekaligus menambah keintiman antara undangan dan pasangan pengantin. Prioritaskan orang-orang terdekatmu dan pasangan. Jangan lupa menyediakan tempat untuk relasi orang tua masing-masing. Baru setelah itu, kamu dan pasangan dapat menambahkan daftar undangan lainnya sesuai anggaran yang disiapkan. Mulai dari lingkaran terdekat kalian menuju ke lingkaran yang lebih luar lagi.

 

menu-hidangan
Jangan sampai karena mementingkan menu yang fancy, jadi berlebihan dan boros ya.

5. Food & Beverage (F&B). Hidangan dapat andil banyak dalam hal pengeluaran. Menjaga menu tetap simpel dan tidak berlebihan, boros maupun terlalu mewah dapat menghemat banyak biaya resepsi. Tapi berhemat juga tidak berarti memilih makanan dengan kualitas rasa yang buruk, ya. Tetap pastikan menu utama adalah makanan-makanan kunci yang ingin kalian hidangkan pada undangan dan buat perhitungan porsi yang cukup untuk jumlah undangan.

 

baju-pengantin
Memilih tuxedo dan gaun? Atau baju pengantin adat? Ingin sewa atau menjahit sendiri? (Photo source: www.dhgate.com)

6. Wedding Dress & Wedding Suit. Seberapa pentingkan baju pernikahan untukmu dan pasangan? Bila kalian merasa cukup dengan menyewa baju, ini akan menghemat banyak biaya dan waktu. Menikah hanya sekali seumur hidup, jadi tidak salah dong menjahit khusus pakaian untuk hari spesial ini? Bukan masalah. Yang penting pastikan jangka waktu yang cukup dan tingkat kedetailan pakaiannya sendiri supaya tidak merepotkanmu pada harinya.

 

pilih-koordinator
Mengadakan acara pernikahan sendiri bukan berarti harus kamu juga yang sibuk mengurus kegiatan di hari H. (Photo Credit: thebridedept.com)

7. Pilihlah koordinator dan delegasikan. Jangan sampai pelaminannya kosong, karena kamu berdua sibuk mengurus katering yang belum datang atau sound speaker yang tidak bisa terhubung dengan bass band pengiring, ya! Mengapa tidak melibatkan beberapa orang terdekat dalam persiapan acara pernikahan kita? Keluarga bahkan teman-teman dekat pasti sangat senang membantu. Ada teman atau keluarga yang bisa mengerjakan undangan, souvenir, katering atau band? Hubungi! Membuat souvenir sendiri tapi kerepotan dalam packing? Hubungi teman terdekat. Begitu pula saat kamu memutuskan untuk menggunakan jasa vendor dari luar lingkaranmu, kamu juga bisa mendelegasikan masing-masing urusan pada beberapa teman/keluarga. Tetap tunjuk satu koordinator, dari pihak keluarga ataupun teman yang kamu percaya mengerti dan dapat menjalankan urusan sesuai rencana kalian. Sehingga di hari pernikahanmu, kamu dan pasangan tidak khawatir mengurusi detail-detail kecil, menjamu undangan dan menikmati harinya kalian.

Hal terakhir dan yang paling penting adalah Do Not Try to Impress

Ingat, ini akan menjadi hari spesial kamu dan pasangan, yang kalian rencanakan sendiri. Acara ini untuk kalian berdua, jadi berusaha terlalu keras untuk membuat undangan terkesan bukan hal yang utama. Buatlah acara yang memorable untuk kalian berdua. Di atas semuanya, ingat bahwa jumlah uang yang anda habiskan di hari pernikahan tidak berkorelasi dengan seberapa indah acara tersebut berlangsung. Tidak juga berkorelasi dengan seberapa indah perjalanan pernikahan kalian selanjutnya. Spend your budget carefully and wisely. 

 

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *