Filosofi Kenapa Cincin Pernikahan di Jari Manis

Filosofi Kenapa Cincin Pernikahan di Jari Manis

Pernah bertanya-tanya nggak sih alasan kenapa cincin pernikahan di jari manis? Kenapa nggak dipasang di jari telunjuk atau kelingking? Apa biar hubungan pernikahannya selalu manis seperti nama jarinya?

Ternyata bukan hanya sekadar kebetulan aja lho, tapi ada filosofi dan alasannya tersendiri. Yuk cari tahu alasannya!

Alasan yang paling sederhana: karena jari manis di tangan kiri jarang digunakan.

Alasan satu ini datangnya dari negara barat, memang benar jari manis di tangan kiri jarang digunakan karena umumnya manusia selalu berkegiatan dengan tangan kanannya. Tapi tidak semua negara mempunyai kepercayaan yang sama, ada juga yang di jari manis di tangan kanan seperti di Peru, India, Spanyol, Venezuela, Norwegia, Denmark, pun juga Indonesia. Beberapa negara tersebut memilih tangan kanan karena lebih kuat dan tidak mudah goyah sehingga cincin tersebut bisa bertahan yang diharapkan juga hubungan pernikahan tersebut pun terus bertahan.

Alasan yang lebih filosofis, di jari manis lah letak pembuluh darah cinta.

Konon katanya, bangsa Yunani dan Romawi kuno pada ribuan tahun yang lalu punya kepercayaan bahwa di jari manis memiliki pembuluh darah yang langsung berhubungan dengan jantung. Pembuluh darah ini bernama vena amoris atau sering disebut pembuluh darah cinta. Nah, ini lah yang menjadi sejarah dan mempengaruhi tradisi cincin pernikahan di berbagai daerah.

Meskipun sejarah tersebut yang menjadi pedoman, sebenarnya alasan yang filosofis tersebut hanya mitos lho! Keyakinan adanya pembuluh darah cinta di jari manis ini sayangnya tidak dapat dibuktikan oleh para peneliti ilmiah.

Kalau dua hal di atas belum cukup kuat, yuk coba alasan terakhir kenapa cincin pernikahan di jari manis yang lebih masuk akal.

Setiap jari mempunyai lambang sendiri, jari jempol untuk keluarga, jari telunjuk untuk saudara, jari manis untuk pasangan hidup dan jari kelingking untuk anak-anak. Yuk coba pembuktian ada apa sih dengan jari manis di bawah ini agar tau hubungan dari lambang setiap jari tersebut.

  • Pertemukan jari tangan kanan dengan tangan kiri.
cincin pernikahan ada di
Foto: kapankamunikah.com
  • Tekuk jari tengah seperti foto di atas.
  • Pertama, coba buka ibu jari. Bisa terpisahnya dua jari ini tanda bahwa orang tua dan anak bisa terpisah ketika menikah dan memiliki keluarga sendiri.
  • Kedua, buka jari telunjuk. Terpisah juga, kan? Tandanya, kita akan berpisah dengan saudara karena mereka akan memiliki dan menjalani kehidupannya sendiri dengan pasangan mereka.
  • Ketiga, sebelum ke jari manis, buka jari kelingking. Tanda terpisah ini menandakan bahwa anak-anak pun akan meninggalkan kita karena nantinya mereka akan memiliki kehidupan sendiri bersama pasangannya masing-masing.
alasan kenapa cincin pernikahan dipasang di jari manis
Foto: kapankamunikah.com
  • Terakhir, coba buka jari manis. Akan sangat susah melepaskan dua jari ini, terbuka pun akan mengakibatkan jari tengah terbuka juga. Bahkan bila dari keempat jari yang dibuka hanya jari manis, tak bisa terpisah juga. Ini tanda bahwa jari manis yang tidak bisa dipisahkan mewakili pasangan yang selalu bersama hingga kapan pun.

Cukup masuk akal juga, kan alasan yang terakhir. Apapun hal yang mendasari kenapa cincin pernikahan di jari manis, yang paling penting kapan nih jari manis kita akan ada cincin pernikahan? Nah, kayaknya ini nih pertanyaan yang paling penting, jadi Kapan Kamu Nikah?

Foto: xtrascoop.com

 

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *