Ditanya Kapan Kamu Nikah? Jawab #DisiapinSekarang!

Ditanya Kapan Kamu Nikah? Jawab #DisiapinSekarang!

Apakah orang-orang yang tanya ‘kapan kamu nikah’ itu sebenarnya mau membiayai pernikahan dan kehidupan kita setelahnya? Andai memang pertanyaan itu bentuk rasa kepedulian, sampai mau membiayai.. rasanya pertanyaan “Kapan Kamu Nikah?” nggak lagi menyeramkan, malah ditunggu-tunggu!

Tapi nyatanya, nggak kayak gitu kan? Mereka bertanya dengan alasannya yang paling baik adalah: biar inget umur (padahal kita selalu inget umur, tapi emang belum jalannya aja). Selebihnya hanya untuk bercanda, iseng atau bahkan nggak ada tujuannya sama sekali. Ya pertanyaan “Kapan Kamu Nikah” udah jadi pertanyaan formalitas semacam “kamu udah makan belum?” yang sering kali biar ada topik pembicaraan aja selama chat. Bukan benar-benar memastikan si dia udah makan atau belum.

Masih mending ditanya udah makan belum meskipun cuma formalitas. Paling gak pertanyaan itu emang untuk menunjukkan kepedulian, beda cerita kalau kapan kamu nikah. Ya kita doakan saja populasi orang yang bertanya “Kapan Kamu Nikah” ini semakin sadar diri kalau pertanyaan tersebut udah basi banget untuk dijadikan basa-basi.

Tapi bagaimana pun, mengubah kebiasaan emang paling susah. Sembari menguatkan doa dan tirakat agar populasi tersebut segera lenyap serta bertaubat. kapankamunikah.com punya jawaban yang paling aman ketika ditanya kapan kamu nikah, jawab aja #DisiapinSekarang.

Nggak akan ada lagi bantahan.

Kalau kita jawab dengan: ya nanti kalau enggak hujan, nunggu pasangannya dan jawabannya serupa bakal banyak bantahan lain. Seperti, “Ngeles aja lo bisanya.” atau jawaban yang juga template lainnya. Sedangkan kalau dijawab #DisiapinSekarang, orang yang denger akan senantiasa mendoakan juga. Bisa aja kita bilang disiapinnya sekarang, besoknya jodohnya dateng? Omongan kita adalah doa, dan omongan adalah sugesti diri sendiri.

Sebaiknya enggak target umur dalam keputusan menikah

Jawaban #DisiapinSekarang adalah jawaban yang berarti kamu selalu mensugesti positif pada apapun. Kalau jodohnya datang sekarang, rezekinya datang sekarang, ya syukur. Kalau emang masih tahun depan, juga gak masalah, yang penting disiapin sekarang. Nggak lagi stres, hati penuh ketenangan.

Coba kalau kita target dengan usia? Kalau nggak sesuai target, kita bakal pusing dan kecewa. Kalau sebelum target, usaha kita cenderung obsesif. Sedangkan jawaban #DisiapinSekarang bisa membuat kita lebih kalem lagi, slow lagi, dan cenderung penuh syukur.

Target angka gak masalah, tapi jangan dijadikan patokan utama. Sebagai reminder aja bagi diri sendiri.

ditanya kapan kamu nikah
Yak, sekarang boleh dilist apa aja yang mau dipelajari. Nanti DM aja Instagram @kapankamunikah kalau ada yang mau ditanyain. Foto: weddingswithatwist.com

Karena yang disiapin bukan cuma soal waktu, bukan soal “kapan”nya aja.

Setelah pertanyaan “kapan kamu nikah”, masih ada “sama siapa kamu nikah”, “gimana cara kamu nikah” bahkan yang paling esensi dan mungkin susah dijawab adalah: “untuk apa kamu nikah”. Jadi nggak perlu baper banget ketika ditanya ‘kapan’. Itu cuma satu pertanyaan terakhir, banyak yang perlu kita siapkan dalam hubungan yang nggak hanya dijalani tiga atau lima tahun. Bisa jadi 30, 40 tahun atau lebih.

Kita tentu sepakat kalau menikah nggak boleh banyak alesan, nunggu siap lah, nunggu mapan lah. Tapi juga sepakat kalau menikah nggak boleh digampangin tanpa persiapan apapun kan? Cuma ngebet tanpa alasan? Singkatnya, harapan itu penting, tapi tetep perlu realistis. Menjadi realistis tidak salah, bukan mengingkari ‘kalau nikah pasti udah ada rezeki’nya. Tetep harus imbang dong. Nah itu dia mengapa kapankamunikah.com bakal semangat berbagi apa aja nih yang perlu disiapkan.

Jadi, kapan pun nikahnya, sepakat untuk terus disiapin sejak sekarang yah? Dan tentu sepakat, kalau ditanya kapan kamu nikah nggak lagi baper, karena kita akan terus mensugesti diri dengan hal-hal baik, sesederhana dalam kalimat.

Leave a Comment

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.
Required fields are marked *